Selasa, 09 Oktober 2012

wisata kuliner

0
Getuk Goreng Sokaraja Purwokerto Banyumas
sebagai warga asli banyumas pada umumnya atau purwokerto pada khususnya sangat bangga akan makanan daerah yang satu ini, selain rasanya yang khas enaknya, juga harganya yang sangat terjangkau.
Getuk Goreng adalah makanan khas asli banyumas dengan bahan utama singkong, proses pembuatannya pun tergolong tidak rumit, mulai dari merebus singkong, menumbuknya hingga mengepal, selanjutnya dicampuri bumbu-bumbu khusus hingga bersatu, langkah terahir tinggal menggorengnya. Sebenarnya tidak sesederhana itu prosesnya, karena saya sendiri belum pernah membuat gethuk, cuman seingat saya dulu waktu masih kecil nenek sering membuat gethuk goreng.
Salah satu jajanan favorite saya kala mengisi waktu liburan selain membeli gethuk goreng, sesekali saya sempatkan mencoba soto babat yang juga khas banyumas.
Gethuk goreng sendiri sudah ada sejak jaman kolonial belanda, yang paling terkenal adalah gethuk goreng Haji Tohirin dari Sokaraja, entah menggunakan strategi berpromosi seperti apa hingga bisa terkenal sampai ke berbagai kota. letak sokaraja sendiri kurang lebih 5 kilo meter dari pusat kota purwokerto.
Harganya pun berkisar antara 10 ribu rupiah hingga 20 ribu rupiah per kilo gram. Jika Anda ke kota purwokerto, jangan lupa membeli oleh-oleh gethuk goreng sokaraja.
Soto Sokaraja
Sroto adalah istilah masakan soto di daerah Banyumas. Rasa sroto ini berbeda dengan soto yang lainnya. Sroto ini dihidangkan dengan menggunakan mangkuk. Isi dari soto ini adalah tauge, soun, telur rebus, daging ayam, lalu ditaburi kripik kentang, bawang merah goreng, kacang goreng, daun seledri, dan daun bawang.






Mendoan
Ini adalah salah satu jenis gorengan paling asyik yang pernah diciptakan manusia Tempe dipotong tipis-tipis, dibungkus tepung dalam takaran relatif banyak, lalu digoreng. Saat kondisi sudah setengah matang kemudian diangkat dari penggorengan dan siap untuk dinikmati. Makanan ini kebanyakan bisa ditemui di daerah banyumas. Seputar kota Tegal, Brebes, Purwokerto, dan sekitarnya. Karena tergolong enak dan mudah dibuat, mendoan juga sering dibuat langsung dalam proses kuliner rumah tangga di berbagai wilayah Indonesia. Mendoan bisa disajikan dengan berbagai macam pendamping. Bisa hanya dengan teman cabe rawit, dinikmati dengan santai sembari mengobrol bersama seluruh anggota keluarga atau teman-teman. Bisa juga disajikan dengan sambal kecap, otomatis menggunakan media piring dan sendok untuk bersantap. Atau dengan sajian sambal tomat layaknya ayam penyet seperti pada gambar. Di banyumas masyarakat sana cukup terkenal menyantap mendoan dengan ditemani teh poci, teh yang dibikin dalam teko khusus yang terbuat dari tanah liat. Perpaduan rasanya mungkin akan membuat orang betah untuk berlama-lama mengobrol dengan para sejawat.Harga mendoan umumnya standar sesuai dengan harga gorengan biasa. Tergantung besar kecilnya, bervariasi sekitar Rp 1000 per potong.Untuk para penderita kolesterol sepertinya harus berhati-hati dengan makanan ini. Mengingat mendoan diangkat dari penggorengan dalam kondisi setengah matang sehingga masih dalam keadaan sedang “berminyak-minyaknya”. Konsumsi mendoan sebaiknya diatur agar tidak terlalu sering. Juga untuk orang yang sensitif terhadap gangguan jerawat.( makanan khas Banyumas.com )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar