Selasa, 09 Oktober 2012

Baturraden Adalah salah satu objek wisata pegunungan yang terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet, karena letaknya di lereng gunung menjadikan kawasan Wisata Baturaden mempunyai hawa yang sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari. Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan hendak menginap di lokasi baturaden Anda akan dengan mudah mendapati tempat untuk menginap baik itu hotel, losmen maupun vila.
Perjalanan ke tempat wisata Baturaden dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jarak dari kota Purwokerto sekitar 20 km dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dengan lalu lintas yang tidak terlalu padat.
Batu Raden telah banyak dikenal dengan keindahannya yang memancar dari lereng Gunung Slamet dengan lereng-lerengnya yang landai, menawarkan panorama alam yang indah, dan udara yang segar mempunyai beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi di antaranya :
  • Pancuran Tujuh Baturraden
Merupakan salah satu objek wisata di kawasan baturaden yang banyak digemari oleh wisatawan. Berupa Pemandian air panas yang yang mengandung belerang. Dengan tujuh pancuran. Oleh karenanya disebut pancuran tujuh,  Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Untuk menuju lokasi ini ada dua jalur yang bisa Anda tempuh. Bisa langsung menggunakan kendaraan pribadi melalui pintu masuk kawasan bumi perkemahan atau Jalan kaki melalui jalan-jalan setapak di hutan sambil menikmati panorama alam dan suasana udara yang sejuk. Terletak di sebelah atas Pancuran Telu.
  • Pancuran Telu
Objek wisata lain di kawasan wisata baturaden, letaknya berada di sebelah bawah pancuran tujuh. Merupakan wisata pemandian air panas yang mengandung belerang. Bila anda hendak menuju pancuran tujuh pasti akan melewati objek wisata pancuran telu.
  • Bumi Perkemahan
Bumi Perkemahan Merupakan camping ground yang sering dimanfaatkan oleh para pecinta alam dan penikmat kegiatan out bond. Pernah digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Jambore Nasional Gerakan Pramuka se-Indonesia pada tahun 2001.
  • Kaloka Widya Mandala
Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden atau Wisata Pendidikan W

anasuka Baturraden merupakan kebun binatang sekaligus sebagai tempat wisata edukasi yang diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Banyumas H. Djoko Sudantoko pada tanggal 17 mei 1995. Tempat ini pernah mendapatkan prestasi sebagai Visit Indonesia Dekade 1991-2000 dalam Penobatan Anugerah Wisata Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta di Semarang pada tanggal 23 Agustus 1996. Di Taman Kaloka Widya Mandala Baturraden terdapat berbagai macam binatang yang berasal dari dalam maupun dari luar negeri seperti dari Australia, Asia dan Belanda. Koleksinya meliputi: Sapi kaki lima, Kambing kaki tiga, Gajah, Beruk (Buing), Buaya Irian, Ular Sanca, Kaswari, Monyet, Landak, Iguana, Cendrawasih, Kelelawar, Ayam Kate, Ayam Mutiara, Orang Utan, Elang Bondol, Rusa. Di tempat ini juga terdapat Museum Satwa Langka, seperti: Harimau Sumatera, Beruang Madu, dan Macan Dahan.
( panorama Baturraden.com )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar